Thursday, May 8, 2008

Mitra Rajasa Akan Akuisisi Apexindo

JAKARTA, Koran Tempo -- PT Mitra Rajasa Tbk. berniat membeli 82,6 persen saham PT Apexindo Pratama Duta Tbk. yang saat ini dimiliki oleh PT Medco Energi International Tbk. (Medco) dan Encore International Limited.

"Kami berencana mengambil alih saham Apexindo sebagai bagian dari pengembangan usaha perseroan" kata Direktur Utama Mitra Rajasa Beni Prananto dalam keterbukaan informasinya kepada Bursa Efek Indonesia.

Beni menjelaskan, perseroan akan mengambil alih 48,9 persen saham Apexindo yang kini dipegang Medco, juga 31,7 persen saham Apexindo yang dimiliki Encore. Saat ini proses pengambilalihan, masih dalam proses negosiasi. "Kami sudah mengajukan kesungguhan niat kami kepada Medco dan Encore" katanya.

Dia mengungkapkan, sebagai uang muka dalam pengambilalihan saham ini, perseroan akan menggunakan dana hasil rights issue senilai Rp 55 miliar. Awalnya, kata Beni, dana itu akan digunakan untuk membangun floating production storage and offloading (FSPO). Namun, dalam rapat umum pemegang saham luar biasa perseroan yang diadakan pada 30 April lalu, disetujui perubahan penggunaan dana right issue untuk pembayaran uang muka pra akuisisi saham Apexindo. ARI ASTRI YUNITA